Friday, July 04, 2008

Orang kaya Indonesia


Menurut riset terbaru konsultan Capgemini SA dan Merril Lynch & Co, jumlah kaum superkaya di Indonesia yang memiliki aset keuangan US$ 1 juta atau lebih, meningkat 16,8 % menjadi 23,000 orang pada akhir 2007. Yang luar biasa tingkat pertumbuhan Indonesia tertinggi ke lima di dunia setelah India, China, Brazil, dan Korea Selatan. Mungkin ini dampak dari otonomi daerah, makin banyak orang menjadi kaya di daerah-daerah di luar Jakarta. Cuma kalau dibanding keseluruhan jumlah penduduk Indonesia, jumlah orang kaya ini masih sangat sedikit. Berarti ketimpangan antara kaya dan miskin masih sangat lebar.
Menurut hasil riset yang sama, masih ada sekitar 19,000 orang Indonesia yang tinggal di Singapore yang menguasai aset keuangan sebesar US$ 93 milyar atau Rp 865 trilyun di tahun 2006. Tahun 2007 tentunya lebih besar lagi. Bayangkan kalau dana sebesar itu bisa dibawa pulang ke Indonesia untuk menciptakan peluang-peluang kerja baru, masalah Indonesia mungkin sebagian besar akan bisa terpecahkan.
Menjadi kaya memang penting, tetapi sama pentingnya bila kita juga bermanfaat bagi orang lain atau lingkungan sekitar kita. Mungkin kita juga akan lebih bahagia. Kaya dan bahagia, kombinasi yang ideal kan........

No comments: