Monday, January 14, 2008

Dagelan Tahu Tempe

Wah hidup makin susah saja. Kalau kemaren-kemaren beras, gula, telor, susu, minyak goreng yang naik. Terakhir tepung terigu naik gila-gilaan. Pecinta mie yamin bakal bayar lebih mahal lagi nantinya. Eh yang paling mutakhir, kedelai yang merupakan bahan baku tahu tempe naik lebih dari dua kali lipat. Tadinya Rp 3450/kg menjadi Rp 7000/kg. Kalau daging sapi naik, kita mengirit dengan ....ya udah kita beli ikan saja yang lebih murah. Tapi ikan juga mahal sekarang, kita biasa ganti menu dengan ...ya udah goreng tahu atau tempe saja. Harga lebih murah, kandungan protein sama tingginya dengan daging atau ikan. Eh begitu tahu tempe naik, kita mau ganti pake apa lagi ? Ibarat perang melawan kesulitan ekonomi, pertahanan terakhir sudah bobol. Kenapa kok negara kita jadi terpuruk begini yah..... Ini pertama kalinya saya dengar ada demo pedagang tahu tempe ke Istana, mereka gak bisa jualan soalnya kalau harga dagangan dinaikkan pembelinya berkurang. Daya beli masyarakat juga turun terpukul kenaikan semua barang kebutuhan.
Urus punya urus, kebutuhan kedelai dalam negeri sebesar 2 juta ton, tapi kemampuan produksi dalam negeri cuma 600 ribu ton. Wah negeri subur makmur gemah ripah loh jinawi menanam kedelai saja nggak bisa. Kenapa pemerintah nggak buat saja kapling perkebunan kasih kesempatan rakyatnya tanam kedelai sebanyak-banyaknya. Kesempatan kerja naik, makan tahu tempe murah, kebutuhan protein tercukupi? Kita ini memang biasa buat hal gampang jadi sulit..................... Sulit sekali membuat dan menjalankan kebijakan yang baik di negeri ini, mungkin karena saratnya konflik kepentingan.

1 comment:

jimbow said...

betul pak, tahu tempe jadi pada mahal...dah gitu belum turun2 lagi...
sepertinya Indonesia skrg ini kekurangan petani,soalnya sembako pd impor smua.kebanyakan beralih jadi buruh pabrik(cari aman/pindah kuadran).belum lagi cuaca yang tidak mendukung pertanian...

oh ya pak,skalian nanya link utk afiliates yg mudah,bagi2 donk pa...he3..kemaren2 daftar yg diluar negri ribeut bgt....

thx...4 read....n please visit n leave comment to
www.jimbow-jimbow.blogspot.com