Thursday, December 06, 2007

It is not how much you earn.........




Saya banyak membaca buku tentang investasi dan personal finance management. Dari sekian banyak buku itu, saya masih terkesan dengan buku pertama yang saya baca. Judulnya "Under 33 Financial Plan" oleh Bruce G Williams, alumni Wharton. Disitu disebutkan banyak contoh orang muda dengan berbagai tingkat pendapatan dan berbagai kebiasaan. Ternyata mereka yang mempunyai pendapatan tinggi, tidak otomatis hidupnya sejahtera. Istilahnya : "Young, Professional, and.......broke". Resep mereka yang hidup sejahtera adalah mereka yang mampu mengendalikan pengeluarannya supaya sisa pendapatannya cukup besar untuk ditabung. Akumulasi tabungan ini yang di investasikan secara rutin dari waktu ke waktu dalam berbagai media investasi. Setelah itu biarkan keajaiban bunga berbunga mengambil alih tugas pengembangan kapital. Dalam waktu 20 - 30 tahun hasil investasi kita akan berkembang sedemikian rupa sehingga akan mampu membuat kita sejahtera dan mandiri secara finansial di hari tua. Saya banyak belajar dari isi buku ini dan telah saya buktikan sendiri memang demikian adanya. Intinya : It is not how much you earn, but.........how much you save! Jadi meski anda mempunyai pendapatan sedang2 saja, tetapi mampu menyisihkan sebagian besar untuk tabungan dan investasi, kemungkinan besar anda akan menjadi pemenang dalam lomba marathon mencapai hidup sejahtera dan mandiri secara finansial nantinya.

No comments: